banner



How To Turn On Developer Settings

Aplikasi Setelan di Android berisi layar bernama Opsi developer, yang memungkinkan Anda mengonfigurasi perilaku sistem yang membantu Anda membuat profil dan men-debug performa aplikasi Anda. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan debugging melalui USB, mengambil laporan issues, mengaktifkan masukan visual untuk ketukan, melakukan flash permukaan jendela saat mengupdate, menggunakan GPU untuk rendering grafis 2D, dan banyak lagi.

Mengaktifkan opsi developer dan proses debug USB

Gambar one. Opsi programmer

Pada Android 4.1 dan yang lebih rendah, layar Opsi programmer sudah tersedia secara default. Pada Android 4.2 dan yang lebih tinggi, Anda harus mengaktifkan layar ini. Untuk mengaktifkan opsi developer, ketuk opsi Nomor Versi 7 kali. Opsi ini dapat Anda temukan di salah satu lokasi berikut, bergantung pada versi Android Anda:

  • Android 9 (API level 28) dan yang lebih tinggi: Setelan > Tentang Ponsel > Nomor Versi
  • Android 8.0.0 (API level 26) dan Android 8.ane.0 (API level 26): Setelan > Sistem > Tentang Ponsel > Nomor Versi
  • Android 7.1 (API level 25) dan yang lebih rendah: Setelan > Tentang Ponsel > Nomor Versi

Di bagian atas layar Opsi developer, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan opsi (gambar one). Mungkin sebaiknya ini dibiarkan aktif. Saat nonaktif, sebagian besar opsi dinonaktifkan kecuali opsi yang tidak memerlukan komunikasi antara perangkat dan komputer pengembangan Anda.

Sebelum Anda dapat menggunakan debugger dan alat lainnya, Anda harus mengaktifkan proses debug USB, yang memungkinkan Android Studio dan alat SDK lainnya untuk mengenali perangkat Anda saat terhubung melalui USB. Untuk mengaktifkan proses debug USB, aktifkan opsi proses debug USB pada bill of fare Opsi Programmer. Anda dapat menemukan opsi ini di salah satu lokasi berikut, bergantung pada versi Android Anda:

  • Android nine (API level 28) dan yang lebih tinggi: Setelan > Sistem > Lanjutan > Opsi Developer > Proses debug USB
  • Android 8.0.0 (API level 26) dan Android viii.ane.0 (API level 26): Setelan > Sistem > Opsi Developer > Proses debug USB
  • Android 7.1 (API level 25) dan yang lebih rendah: Setelan > Opsi Programmer > Proses debug USB

Bagian halaman selanjutnya menjelaskan beberapa opsi lain yang tersedia di layar ini.

Opsi umum

Di Android viii.0 dan yang lebih tinggi, Anda dapat mengetuk Kotak setelan cepat untuk developer untuk menambahkan opsi developer yang dipilih ke panel Setelan Cepat Anda. Setelah memilih satu atau beberapa kotak yang tersedia (gambar 2), buka panel Setelan Cepat, lalu ketuk ikon pensil untuk masuk ke mode edit. Kemudian, tarik kotak developer dari panel kotak ke panel Setelan cepat, lalu ketuk ikon pensil kembali untuk keluar dari mode edit.

Gambar 2. Menambahkan ke panel Setelan Cepat

Opsi umum lain di antaranya sebagai berikut:

  • Memori: (Pada Android 8.0 dan yang lebih tinggi) Menampilkan statistik memori, seperti penggunaan rata-rata memori, performa memori, full memori yang tersedia, rata-rata memori yang digunakan, jumlah memori bebas yang tersedia, dan jumlah memori yang digunakan oleh aplikasi.
  • Ambil laporan problems: Mendapatkan salinan file log perangkat saat ini untuk dibagikan dengan orang lain. Saat Anda mendapatkan notifikasi bahwa laporan problems sudah siap, ketuk notifikasi untuk membagikannya.
  • Mode demo UI sistem: Mempermudah pengambilan screenshot bersih dengan menampilkan baris notifikasi preset umum dengan tidak menampilkan notifikasi atau peringatan daya baterai lemah. Aktifkan Style Demo memungkinkan Anda mengubah tampilan condition bar menggunakan perintah mode demo adb. Atau, Anda dapat menggunakan Tampilkan Way Demo untuk menyembunyikan notifikasi dan menampilkan status bar preset.
  • Sandi cadangan desktop: Menyetel sandi cadangan sehingga Anda dapat menggunakan perintah adb untuk mencadangkan serta memulihkan aplikasi dan data perangkat dengan perlindungan sandi.
  • Tetap terjaga: Mengatur layar agar tetap menyala setiap kali Anda mengisi daya.
  • Aktifkan log snoop Host Controller Interface (HCI) Bluetooth: Mengambil semua paket HCI Bluetooth dalam file yang disimpan di /sdcard/btsnoop_hci.log. Anda dapat mengambil paketnya, kemudian menggunakan program seperti Wireshark untuk menganalisis dan memecahkan masalah informasi tersebut.

Proses Debug

Gambar iii. Opsi proses debug diaktifkan

Opsi proses debug menyediakan cara untuk mengonfigurasi proses debug pada perangkat, dan untuk menjalin komunikasi antara perangkat dengan komputer pengembangan Anda.

Aktifkan Proses debug USB (gambar iii) sehingga perangkat Android Anda dapat berkomunikasi dengan mesin pengembangan melalui Android Debug Bridge (adb). Opsi Tunggu Debugger tidak tersedia sebelum Anda menggunakan Pilih aplikasi debug untuk memilih aplikasi yang akan di-debug. Jika Anda mengaktifkan Tunggu Debugger, aplikasi yang dipilih akan menunggu debugger disematkan sebelum berjalan.

Berikut adalah opsi proses debug lainnya:

  • Terus simpan information pencatat log di perangkat: Memilih jenis pesan log yang ingin Anda simpan secara persisten di perangkat. Opsinya adalah nonaktif, semua, semua kecuali radio, atau hanya kernel.
  • Pilih aplikasi lokasi palsu: Menggunakan opsi ini untuk memalsukan lokasi GPS perangkat guna menguji apakah aplikasi Anda berperilaku yang sama dengan yang ada di lokasi lain. Untuk menggunakan opsi ini, download dan instal aplikasi lokasi palsu GPS.
  • Gambar 4. Atribut tampilan

  • Aktifkan inspeksi atribut tampilan: Menyimpan informasi atribut tampilan dalam variabel anggota mAttributes instance View sehingga dapat digunakan untuk proses debug. Anda dapat mengakses informasi atribut melalui antarmuka pengguna Layout Inspector, seperti ditunjukkan dalam Gambar 4 (tanpa mengaktifkan opsi ini, particular "Attributes" tidak akan tersedia).
  • Aktifkan lapisan debug GPU: Tersedia di perangkat yang menjalankan Android nine (API level 28) dan yang lebih baru. Aktifkan opsi ini untuk memungkinkan pemuatan lapisan validasi Vulkan dari penyimpanan perangkat lokal. Untuk mempelajari lebih lanjut, baca Lapisan validasi Vulkan di Android.

Jaringan

Gambar v. Memilih Konfigurasi USB

Opsi jaringan menyediakan cara untuk mengonfigurasi setelan Wi-Fi dan DHCP.

Ketuk Select USB Configuration untuk menentukan cara komputer mengidentifikasi perangkat seperti yang Anda inginkan. Sebagaimana ditunjukkan dalam gambar 5, Anda dapat mengonfigurasi perangkat hanya untuk mengisi daya, mentransfer file (MTP), mentransfer gambar (PTP), menggunakan internet seluler di PC (RNDIS), atau mentransfer audio atau file MIDI.

Ketuk Bluetooth AVRCP version dan pilih versi profil yang ingin Anda gunakan untuk mengontrol semua peralatan Bluetooth A/V yang aksesnya dimiliki oleh perangkat Anda. Selain itu, untuk menyempurnakan pemutaran audio pada perangkat, ketuk dan setel opsi berikut:

  • Codec Audio Bluetooth: Menyesuaikan kualitas suara (codec) perangkat Anda dengan memilih salah satu codec berikut:
    • SBC: Mentransfer data ke perangkat output audio Bluetooth seperti headphone dan speaker.
    • AAC: Kualitas suara yang lebih baik dari perangkat berkabel daripada MP3 dengan kecepatan bit yang serupa.
    • aptX: Suara nirkabel jernih di smartphone, speaker, soundbar, headphone, dan tablet berkualitas tinggi.
    • aptX HD: Streaming dengan resolusi tinggi ke perangkat Bluetooth.
    • LDAC: Menyediakan musik berkualitas tinggi melalui koneksi nirkabel.
    • Aktifkan Codec Opsional dan Nonaktifkan Codec Opsional: Jika Anda sudah menginstal implementasi codec tambahan, gunakan opsi ini untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya.
  • Rentang Sampel Audio Bluetooth: Menyesuaikan jumlah sampel audio per detik dengan memilih frekuensi sampel codec sound. Frekuensi sampel yang lebih tinggi menggunakan lebih banyak resource.
  • Chip Audio Bluetooth per sampel: Menentukan jumlah bit informasi dalam setiap sampel sound. Dengan kecepatan bit yang lebih tinggi, suaranya akan berkualitas lebih baik tetapi file sampelnya berukuran lebih besar.
  • Mode Saluran Audio Bluetooth: Memilih mono atau stereo.
  • Codec LDAC Audio Bluetooth: Mengoptimalkan suara untuk meningkatkan kualitas audio, menyeimbangkan sound dan kualitas koneksi, meningkatkan kualitas koneksi, atau menggunakan kecepatan bit adaptif untuk menyeimbangkan kualitas sound dan koneksi.

Daftar berikut menjelaskan cara lain untuk mengonfigurasi penyiapan Wi-Fi dan DHCP:

  • Sertifikasi layar nirkabel: Mengaktifkan kontrol dan setelan konfigurasi lanjutan untuk sertifikasi Layar Nirkabel sesuai spesifikasi yang ditetapkan dalam Spesifikasi Tampilan Wi-Fi untuk Wi-Fi Alliance. Sertifikasi berlaku untuk Android 4.four (API level 19) dan yang lebih baru.
  • Aktifkan logging panjang Wi-Fi: Meningkatkan level logging Wi-Fi untuk setiap jaringan nirkabel (SSID) yang Anda hubungkan sesuai dengan kekuatan sinyal relatif yang diterima (RSSI). Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang log, lihat Menulis dan menampilkan log dengan Logcat.
  • Penerimaan Wi-Fi agresif ke seluler: Ketika sinyal lemah, fitur ini akan membuat Wi-Fi lebih efisien dalam menerima koneksi information ke jaringan seluler.

Input

Gambar 6. Lokasi penunjuk

Aktifkan Evidence taps untuk menampilkan ketukan saat Anda menyentuh layar. Lingkaran akan muncul di bawah jari atau stilus dan mengikuti gerakan jari Anda saat menjelajahi layar. Ketukan berfungsi seperti penunjuk saat Anda Merekam video pada perangkat.

Aktifkan Lokasi Penunjuk untuk menampilkan lokasi penunjuk (ketukan) pada perangkat dengan garis-bidik. Sebuah kolom akan muncul di bagian atas layar untuk melacak koordinat garis-bidik (gambar six). Saat Anda menggerakkan penunjuk, koordinat dalam kolom akan melacak lokasi garis-bidik dan jalur penunjuk tergambar di layar.

Gambar

Gambar 7. Konstruksi antarmuka pengguna

Opsi Gambar memberikan isyarat visual tentang antarmuka pengguna aplikasi dan cara pengoperasiannya.

Aktifkan Show Layout Bounds untuk menunjukkan garis batas kliping, margin, dan konstruksi antarmuka pengguna aplikasi yang lain pada perangkat, seperti ditunjukkan dalam gambar seven.

Opsi Gambar lainnya meliputi opsi berikut:

  • Paksa arah tata letak RTL: Memaksa arah tata letak layar dari kanan ke kiri (RTL) atau dari kiri ke kanan (default).
  • Skala animasi jendela: Menyetel kecepatan pemutaran animasi jendela agar Anda dapat memeriksa performanya pada kecepatan yang berbeda. Skala yang lebih kecil akan menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi.
  • Skala animasi transisi: Menyetel kecepatan pemutaran animasi transisi agar Anda dapat memeriksa performanya pada kecepatan yang berbeda. Skala yang lebih kecil akan menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi.
  • Simulasikan tampilan sekunder: Membuat tampilan sekunder sebagai overlay di perangkat. Hal ini berguna ketika mendukung tampilan tambahan dengan Presentation API. Lihat Tampilan sekunder.

Rendering yang dipercepat hardware

Gambar 8. Ruang warna deuteranomali

Opsi rendering yang dipercepat hardware memberikan cara untuk mengoptimalkan aplikasi Anda bagi platform hardware targetnya dengan memanfaatkan opsi berbasis hardware seperti GPU, lapisan hardware, dan multisample anti-aliasing (MSAA).

Ketuk Simulate color space untuk mengubah skema warna di seluruh UI perangkat. Opsi ini merujuk pada jenis kebutaan warna. Pilihannya adalah Dinonaktifkan (tidak ada skema warna yang disimulasikan), Monokromasi (hitam, putih, dan abu-abu), Deuteranomali (merah-hijau), Protanomali (merah-hijau), dan Tritanomali (biru-kuning). Protanomali mengacu pada kebutaan warna merah-hijau dengan kelemahan pada warna merah, dan Deuteranomali (ditunjukkan dalam gambar viii) mengacu pada kebutaan warna merah-hijau dengan kelemahan pada warna hijau.

Jika Anda mengambil screenshot dalam ruang warna yang disimulasikan, warna tersebut akan tampak normal seolah Anda tidak mengubah skema warna.

Beberapa cara lain untuk memanfaatkan opsi berbasis hardware adalah sebagai berikut:

  • Setel perender GPU: Mengubah mesin grafis Open GL default ke mesin grafis Open up GL Skia.
  • Paksa rendering GPU: Memaksa aplikasi menggunakan GPU untuk gambar 2nd, jika ditulis tanpa rendering GPU secara default.
  • Tampilkan pembaruan tampilan GPU: Menampilkan setiap elemen pada layar yang digambar dengan GPU.
  • Debug overdraw oleh GPU: Menampilkan pemberian kode warna di perangkat sehingga Anda dapat memvisualisasikan jumlah piksel serupa yang telah digambar dalam frame yang sama. Visualisasi menunjukkan di mana aplikasi Anda mungkin melakukan lebih banyak rendering daripada yang diperlukan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, lihat Memvisualisasikan overdraw GPU.
  • Debug operasi klip non-kotak: Menonaktifkan area kliping di kanvas untuk membuat area kanvas yang tidak biasa (non-kotak). Biasanya, area kliping mencegah gambar apa pun di luar batas expanse kliping lingkaran.
  • Paksa 4x MSAA: Mengaktifkan multisample anti-aliasing (MSAA) dalam aplikasi Open up GL ES two.0.
  • Nonaktifkan overlay HW: Menggunakan overlay hardware memungkinkan setiap aplikasi yang menampilkan sesuatu pada layar untuk menggunakan daya pemrosesan yang lebih hemat. Tanpa overlay, aplikasi akan berbagi memori video serta harus selalu memeriksa bentrokan dan kliping untuk merender gambar yang tepat. Pemeriksaan ini menggunakan banyak daya pemrosesan.

Aktifkan Perutean audio USB nonaktif untuk menonaktifkan perutean otomatis ke perangkat audio eksternal yang terhubung ke komputer melalui port USB. Perutean otomatis dapat mengganggu aplikasi yang peka terhadap USB.

Di Android 11 dan yang lebih baru, saat aplikasi tanpa izin RECORD_AUDIO menggunakan UsbManager untuk meminta akses langsung ke perangkat audio USB dengan kemampuan perekaman audio (seperti headset USB), pesan peringatan yang meminta pengguna untuk mengonfirmasi izin penggunaan perangkat akan ditampilkan. Sistem akan mengabaikan opsi "selalu gunakan", sehingga pengguna harus mengonfirmasi peringatan dan memberikan izin setiap kali aplikasi meminta akses. Untuk menghindari perilaku ini, aplikasi Anda harus meminta izin RECORD_AUDIO.

Pemantauan

Gambar nine. Representasi batang

Opsi pemantauan memberikan informasi visual tentang performa aplikasi, seperti thread yang panjang dan operasi GPU.

Ketuk Contour GPU Rendering, lalu On screen as confined untuk menampilkan profil rendering GPU dalam bentuk batang (gambar nine). Untuk mengetahui informasi selengkapnya, lihat Rendering GPU profil.

Aplikasi

Gambar 10. Menyetel batas proses latar belakang

Opsi aplikasi membantu Anda memahami bagaimana aplikasi beroperasi pada perangkat target.

Ketuk Groundwork process limit untuk menyetel jumlah proses yang dapat berjalan di latar belakang pada satu waktu. Setelan yang dapat dipilih ditunjukkan dalam gambar 10.

Ketuk Reset ShortcutManager rate-limiting selama pengujian, sehingga aplikasi latar belakang dapat terus memanggil API pintasan hingga batas kapasitas tercapai lagi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang pintasan dan batas kapasitas, lihat ShortcutManager.

Aktifkan Jangan simpan aktivitas untuk meningkatkan masa pakai baterai dengan segera menutup setiap aktivitas setelah pengguna meninggalkan tampilan utama aktivitas.

How To Turn On Developer Settings,

Source: https://developer.android.com/studio/debug/dev-options?hl=id

Posted by: hamiltonnesecale.blogspot.com

0 Response to "How To Turn On Developer Settings"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel